Membangun kerajinan Kota Kediri

13/04/15

Ditulis pada 13/04/15 oleh KIM ASPEKORI tag : , ,    Belum ada komentar
Tenun Ikat Bandar lagi-lagi menjadi sorotan yang istimewa di Kota Kediri. Kelompok Kerajinan yang berdiri sejak 1950 ini kapan lalu mengikuti pameran INACRAFTdi Jakarta, dan membawa kesan sendiri bagi pengrajin, khususnya Mas Eko, begitu Beliau akrab dipanggil, adalah ketua dari kelompok Tenun Ikat Bandar.


Foto Mas Eko dengan pembeli dari Jepang

Mas Eko mengaku dirinya sangat puas dengan pameran yang diadakan di Jakarta itu, selain karena penjualan yang laku 60% yang sangat membuat dirinya terkesan adalah pembeli dari Jepang. Beliau mengatakan bahwa pembeli dari Jepang membeli tenun ikatnya karena menganggap bahwa Kediri adalah bekas kerajaan tertua.

Selain dari Jepang, Tenun Ikat Bandar juga menarik banyak negara, diantaranya adalah, negara Eropa, Singapura, Malaysia, dan Abudabi. Di negara-negara tersebut Mas Eko dan kelompoknya berharap dapat mempresentasikan tenun ikat Kediri agar harga antar negara dapat stabil tidak terjadi perbedaan. Karena untuk saat ini kelompok tenun ikat milik Mas Eko masih sebagai pihak ketiga, yang artinya Mas Eko tidak tahu berapa harga standar yang ada dinegara tersebut.

Kapan lalu mas Eko mendapat pesanan dari Abudabi dalam jumlah yang besar, disusul negara Eropa.
Hal ini menunjukkan Tenun Ikat Bandar tidak perlu diragukan kwalitasnya, dan tentunya mampu bersaing dengan Kwalitas Kain tradisional dari Negara lain.



0 komentar:

Posting Komentar